Anak Pedagang Kaki Lima di Labuhanbatu Raih Cum Laude

Nurhasanah Putri, anak pedagang kaki lima di Labuhanbatu, berhasil menyelesaikan pendidikan ilmu hukum dengan nilai terbaik atau cum laude.

Labuhanbatu – Nurhasanah Putri, anak pedagang kaki lima, berhasil menyelesaikan pendidikan ilmu hukum di Universitas Labuhanbatu dengan nilai sangat baik atau Cum Laude.

“Alhamdulillah. Tidak mudah meraihnya. Selain harus rajin belajar, banyak membaca, jangan lupa juga berdoa,” tuturnya kepada Tagar di penghujung September 2019.

Gadis bercadar yang akrap disapa Putri ini lahir di Labuhanbilik, 29 Desember 1995. Keterbatasan keluarga tidak mampu membatasi mimpinya.

Ia dan keluarga tinggal di Jalan Manggis, Kompleks Pasar Gelugur, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara.

Ayahnya Hanafiah 57 tahun, ibunya Yerti 55 tahun, sehari-hari mencari nafkah dengan berdagang bumbu giling di kaki lima Pasar Gelugur, Rantauprapat.

Saya membantu orang tua berjualan bumbu giling di kaki lima Pasar Gelugur.

Putri anak keenam dari tujuh bersaudara, terbiasa bekerja keras sejak kecil.

“Saya terlahir dari keluarga sederhana, anak paling kecil perempuan, tekad kuat juga salah satu kunci sukses. Alhamdulillah, perjuangan selama ini tidak sia-sia,” ucap Putri.

Ia bercerita nyaris setiap hari bangun sebelum subuh sekira pukul 03.00 dini hari untuk membantu orang tua berdagang bumbu giling.

“Demi melangsungkan hidup keluarga dan kebutuhan kuliah, saya membantu orang tua berjualan bumbu giling di kaki lima Pasar Gelugur,” tuturnya.

“Berangkat kuliah saya diantar ayah ke kampus naik kreta (sepeda motor) dan pulang kuliah juga dijemput, begitulah setiap harinya,” lanjut Putri.

Ayah ibunya bangga. Putri pada Senin 23 September 2019 diwisuda dengan IPK 3,76, mendapat predikat terbaik di antara 63 teman satu jurusan.

Putri mengucapkan terima kasih kepada ayah-ibu dan semua dosen. Kini ia bergelar sarjana hukum.

Sebelumnya, Putri menempuh pendidikan dasar di SD Negeri No. 115535 Kecamatan Rantau Utara, lulus 27 Mei 2008. Lanjut SMP Negeri 1 Rantau Utara, lulus 4 Juni 2011. Berikutnya SMA Muhammadiyah 10 Rantauprapat, lulus 20 Mei 2014. []

Sumber Berita : https://www.tagar.id/anak-pedagang-kaki-lima-di-labuhanbatu-raih-cum-laude

Visits: 10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *