NOBAR Video Conference LLDIKTI Wilayah 1 SUMUT Bersama BAN PT

Labuhanbatu, Juni, 26 -2020

Seiring dengan hadirnya Peraturan baru sebagai implikasi dari munculnya kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka, LLDIKTI Wilayah I SUMUT menggelar Video Conference bersama Pimpinan PTN dan PTS, Jum’at 26 Juni 2020. Melalui aplikasi Zoom, Kepala LLDIKTI Wilayah I, Prof. Dian Armanto, Ph.D (Sebagai Moderator) dan sebagai narasumber Bapak Prof , Drs. T Basyaruddin, Phd ( Selaku Dewan Eksekutif BAN PT) adapun tema yang diangkat yaitu “ Implementasi Assessment Lapangan Secara Daring” dalam kesempatan yang sama Prof. Basyaruddin   memberikan pemaparan mengenai 4 topik bahasan yaitu, Sistem Akreditasi, Masa belajar penyelenggaraan program pendidikan, Donasi Pandemik Covid 19 dan Layanan LLDIKTI Wilayah I. Kegiatan  Video Conference ini dilaksanakn pada pukul 14:00 s/d 16 :00 Wib.

Kegiatan ini di saksikan oleh Pimpinan Fakultas Bapak/Ibu Dekan, dan juga Ketua LPMI dan jajarannya dengan cara nonton bareng Vidio Conference antara para Pimpinan PTN dan PTS yang di gelar oleh LLDIKTI Wilayah 1 Sumut, bertempat Biro LPMI Universitas Labuhanbatu.

Sistem Akreditasi dibahas sejalan dengan munculnya Permendikbud No. 5 Tahun 2020 dan Perban-PT No. 1 Tahun 2020 yang memang menyisakan banyak pertanyaan bagi Pimpinan Perguruan Tinggi (PT)  mengenai implementasinya. Dengan dilaksanakannya video conference ini diharapkan dapat membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Dalam kesempatan yang sama Prof. Basyaruddin menyampaikan, walaupaun di tengah kondisi Pandemik Covid 19 saat ini tentu sangat berpengaruh terhadap penyelenggaraan program pendidikan, khususnya pendidikan tinggi. Menindaklanjuti surat Plt. Ditjen Dikti perihal Masa belajar penyelenggaraan program pendidikan, ada beberapa hal yang perlu dijelaskan kepada pimpinan PT selaku penyelenggara, terutama terkait pelaksanaan praktikum dan praktek lapangan mahasiswa, serta mengenai pembelajaran secara daring, dan juga mengenai kegiatan Assessment Lapangan dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom.

Topik bahasan terakhir mengenai Layanan LLDIKTI Wilayah I SUMUT selama kondisi menghadapi pandemik ini.  menekankan bahwa layanan LLDIKTI tetap dilaksanakan, hanya pelaksanaan layanan bersifat daring melalui surat elektronik atau whatsapp. Prof Dian juga memastikan bahwa tidak ada layanan yang akan ditunda termasuk pengajuan jabatan akademik dosen.

Selanjutnya Prof. Basyaruddin juga berharap dengan diselenggarakannya video conference ini, selain untuk tetap menjaga silaturahim, juga dapat menjadi ajang diskusi yang bermanfaat bagi para pimpinan PT. “Mungkin ke depan, pelaksaan video conference seperti ini perlu rutin dilaksanakan. Ak.   

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *