Pembuatan Robotik oleh Mahasiswa/i FST Prodi Teknologi Informasi (TI ) ULB

Labuhanbatu, Juni, 22-2020

Salah satu bentuk kegiatan Ekstrakulikuler Mahasiswa/i Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Labuhanbatu di tengah pandemic Covid-19, melalui Kaprodi Teknologi Informasi (TI) Bapak Iwan Purnama S.Kom, M.Kom melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler pembuatan Robot, kegiatan tersebut di ikuti oleh Mahasiswa/i FST Prodi TI Semester 1 (satu), kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2020, bertempat ruang lab komputer FST Universitas Labuhanbatu.

Adapun jenis robot yang di buat antara lain :

  1. Robot Pemadam Api
  2. Robot Tong Sampah Otomatis
  3. Robot Line follower

Dalam kegiatan pembuatan robot tersebut tampak mahasiswa/i sangat antusias walaupun di tengah pandemic Covid-19, adapun mahasiswa/i yang mengikuti pembuatan robot tersebut yaitu :

  1. Are s Miranda
  2. Deby lorensyah Rambe
  3. Inez Chania Panjaitan
  4. Lucky Suriyah Ningsih
  5. Sutrisno Dwi Raharjo
  6. Windo
  7. Yandri Lesmana

Dalam kesempatan yang sama Pak Iwan menyampaikan bahwa kegiatan pembuatan robot ini menggunakan Aplikasi Arduino sedangkan alatnya berupa Servo, Motor, Sensor Ultra Sonic, Sensor Api. Kegiatan ini sangat di gemari oleh para mahasiswa/i dan robot yang sering dikonteskan adalah Robot Line Follower yaitu robot yang di program mengikuti arah garis. Mudah-mudahan pembuatan robot ini dapat berjalan lancar dan dapat menjadi bahan promosi bagi FST khususnya pada Prodi Teknologi Informasi (TI). Untuk  program kedepannya FST melalui mahasiswa/i Prodi TI nantinya dapat membuat jenis robot yang canggih dan lebih menarik lagi dan tentunya harus didukung dengan perlengkapan alat serta media yang mendukung dalam pembuatan robot tersebut. Ak.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *