Sosialisasi Pengisian SISTER Bagi Para Dosen Universitas Labuhanbatu

Labuhanbatu, 17 Desember 2020

Berempat ruang seminar Universitas Labuhanbatu dilaksanaknnya Sosialisasi Peningkatan Kualitas Tri Daharma Bai Doen Uniersitas Labuhanbatu dirangkai dengan Pengisian SISTER, Riset  dan Pengabdian Kepada Masyarakat, acara tersebut dilaksanakan pada hari kamis, 17 Desember 2020 pada pukul 10:00 wib.

Acara sosialisasi tersebut dihadiri Langsung oleh Rektor Universitas Labuhanbatu Bapak Ade Parlaungan Nasution, SE.,M.Si.,Ph.D, Wakil Rektor 1 Bapak Dahrul Aman Harahap, S.Pt. MM.,M.Pd, Wakil Rektor II Bapak Dr. Sumitro, SE.,M.Si, Wakil Rektor III Bapak Dr. Amin Harahap, S.Pd.I.,M.Si, Bapak/Ibu Dekan Fakultas dan dihadiri para Bapak/Ibu Dosen Universitas Labuhanbatu.

Selanjutnya Pak Rektor menyampaikan dalam sambutannya menghimbau kepada seluruh dosen untuk melengkapi data melalui aplikai SISTER, Setiap dosen dapat menggunakan SISTER untuk memasukkan data seluruh aktivitas Dosen, kegiatan tridarma perguruan tinggi yang pernah dilakukan. Yang nantinya terIntegrasi kedalam sistem antara SISTER dengan Pangkalan Data Dikti akan membantu mengurangi beban para dosen  dalam hal pengisian portofolio nantinya, harapan Rektor kedepannya para Bapak/Ibu dosen menjadi peneliti yang profesional dan juga untuk meningkatkan karir para Dosen.

Aplikasi SISTER yang keluarkan oleh Kemenristekdikti menjadi sebuah bentuk dukungan terhadap tugas dan fungsi Direktoral Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dalam upaya penggunaan teknologi informasi terutama di lingkungan institusi pendidikan tinggi. Data pendidik seperti dosen dibutuhkan karena memiliki banyak informasi kaitannya dengan penerapan Tridarma Perguruan Tinggi. Informasi tersebut diantaranya berupa latar belakang pendidikan, aktivitas pengajaran, aktivitas penelitian, aktivitas pengabdian kepada masyarakat, dan aktivitas pendukung untuk bisa di input ke dalam sistem. Sistem aplikasi SISTER membuat dosen dapat membangun, mengedit, dan menambahkan data untuk melengkapi portofolionya.

Portofolio dosen akan berguna bagi dosen yang bersangkutan guna mendukung pengembangan proses karir yang bersangkutan. Fasilitas dari SISTER ini sudah didukung dengan adanya integrasi pada sistem Pangkalan Data Dikti sehingga dosen tidak perlu mengisi ulang portofolionya. Konsep one-stop-service pada SISTER kedepannya diharapkan dapat menjadi alat dokumentasi terhadap aktivitas Tridarma perguruan tinggi dan peningkatan karir dosen sehingga nantinya dapat berjalan lebih mudah, efisien dan memberikan kepastian informasi.

Melalui sosialisasi ini kiranya dapat menambah ilmu yang bermanfaat khususnya bagi para Bapak/Ibu Dosen dalam pengisisn data pada Aplikasi SISTER.”Ak.

 

 

 

Visits: 7720

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *