Kuliah Umum ” Raih Prestasi Dengan Literasi“ Oleh Prodi Pendidikan Biologi

Labuhanbatu, Februari, 25- 2020.

Bertempat di ruang seminar Universitas labuhanbatu dilaksanaknnya kegiatan kuliah umum yang diselenggarakan oleh Prodi. Penddikan Biologi dan HMJ Pend. Biologi yang dilaksanakan pada hari selasa Tanggal 25 Februari 2020, acara tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor I Bapak Dahrul Aman Harahap, SE. MM, M.Pd yang mewakili Rektor Universitas Labuahnbatu, Adapun yang menjadi Nara sumber pada acara tersebut adalah Ibu Siti Suharni Simamora, M.Pd, acara tersebut dihadiri oleh Bapak/Ibu Dosen Pendidikan Biologi dan mahasiswa/i Pendidikan Biologi FKIP Universitas Labuhanbatu.

Dalam kesempatan yang sama Ibu Ika Chastanti, M.Pd menyampaikan kepada mahasiswa/i untuk dapat menerapkan metode literasi dalam mengasah keterampilan individu dalam membaca, berbiara, literasi tidak terlepaskan dari kemampuan berbahasa. Sambutnya.

Kegiatan kuliah umum tersebut di buka langsung oleh Bapak Dahrul, dalam sambutannya beliau mengatakan pentingnya literasi bagi mahasiswa/i untuk mendapatkan suatu informasi dan juga  untuk menghindari berbagai berita hoax. Dengan adanya literasi kita bisa memilih informasi yang tepat, ungkapnya.

Dalam pemaparan yang disampaikan oleh Ibu Siti Suharni tentang Literasi beliau menyampaikan bahwa cukup mudah untuk menerapkan literasi, hal ini tidak terlepas dari niat dan kemauan dari diri seseorang.   Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Dalam perkembangannya, definisi literasi selalu berevolusi sesuai dengan tantangan zaman. Jika dulu definisi literasi adalah kemampuan membaca dan menulis. Saat ini, istilah Literasi sudah mulai digunakan dalam arti yang lebih luas. Dan sudah merambah pada praktik kultural yang berkaitan dengan persoalan sosial dan politik. Dan secara etimologis istilah literasi sendiri berasal dari bahasa Latin “literatus” yang dimana artinya adalah orang yang belajar. Dalam hal ini, literasi sangat berhubungan dengan proses membaca dan menulis.

Disamping itu juga Ibu IKa menjelaskan tujuan dan manfaat literasi yaitu

Tujuan Literasi:

  1. Membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan cara membaca berbagai informasi bermanfaat.
  2. Membantu meningkatkan tingkat pemahaman seseorang dalam mengambil kesimpulan dari informasi yang dibaca
  3. Meningkatkan kemampuan seseorang dalam memberikan penilaian kritis terhadap suatu karya tulis.
  4. Membantu menumbuhkan dan mengembangkan budi pekerti yang baik di dalam diri seseorang
  5. Meningkatkan nilai kepribadian seseorang melalui kegiatan membaca dan menulis
  6. Menumbuhkan dan mengembangkan budaya literasi di tengah-tengah masyarakat secara luas

Manfaat Literasi :

  1. Menambah perbendaharaan kata “kosa kata” seseorang.
  2. Mengoptimalkan kinerja otak karena sering digunakan untuk kegiatan membaca dan menulis
  3. Kemampuan interpersonal seseorang akan semakin baik.
  4. Kemampuan memahami makan suatu informasi akan semakin meningkat.
  5. Meningkatkan kemampuan verbal seseorang
  6. Meningkatkan kemampuan analisis dan berpikir seseoran
  7. Membantu meningkatkan daya fokus dan kemampuan konsentrasi seseorang.

Setelah usai pemaparan oleh ibu Ika dilaksanakan sesi tanya jawab, melalui kuliah umum ini mudah-mudahan mahasiswa tertarik dan dapat merubah pola pembelajaran dengan metode literasi. “Ak.

 

Visits: 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *