Prodi Agroteknologi Universitas Labuhan Batu Tergabung Dalam Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia (FKPTPI)

Prodi Agroteknologi Universitas Labuhan Batu MENGIKUTI SEMINAR NASIONAL DAN PRALOKNAS

FORUM KOMUNIKASI PERGURUAN TINGGI PERTANIAN INDONESIA (FKPTPI) DI UNIVERSITAS NEGERI SURAKARTA

Kegiatan Seminar Nasional dalam rangka Dies Natalis ke-43 di  Aula Gedung Dekanat Fakultas Pertanian UNS, Rabu (27/3/2019). Peserta yang hadir pada seminar nasional ini sebanyak 141 pemakalah yang berasal dari pemangku kebijakan, pakar, peneliti, akademisi, pengusaha yang terkait dengan bidang pertanian, dan asosiasi profesi. Dalam kegiatan ini Novilda Elizabeth Mustamu, S.Pt, M.Si  dari Prodi Agroteknologi Universitas Labuhan Batuberperan serta sebagai pemakalah.  Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Ikatan Alumni Fakultas Pertanian UNS (IKATANI). Sumber daya Pertanian Berkelanjutan  Dalam Mendukung Ketahanan dan Keamanan Pangan Indonesia Pada Era Revolusi Industri 4.0 pun diangkat sebagai tema agenda yang bertajuk Seminar Nasional dan Praloknas FKPTPI BKS  Wilayah TImur.

Tema ini sangat visioner dan prospektif, walaupun agak terlambat karena di luar negeri sudah membahas hal ini 10 tahun yang lalu.Tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Konsekuensi dari 4.0 ini, salah satunya sistem produksi pertanian kita ini sudah harus diubah,”jelas Prof. Ravik Karsidi, Rektor UNS.

Konsep pengembangan pertanian yang banyak dikembangkan untuk mendukung era revolusi industry 4.0 adalah konsep pertanian cerdas yang merujuk pada penerapan TIK untuk optimalisasi dan efisiensi sumber daya yang ada. Hal ini sesuai dengan program-program yang diusung pemerintah sebagaimana disampaikan oleh Dr.Ir. Riswantoro, M.M Sekretaris Badan Ketahanan Pangan, Kementrian Pertanian RI.

Selain Riswantoro, seminar ini juga dihadiri oleh tiga pemakalah utama yaitu Dr. Ir. Harwanto, M.Si, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Tengah, Prof. Dr. Ir. Bambang Pujiasmanto, M.S, Dekan FP UNS dan Astri Purnamasari, VP of Corporate Service TaniHub.

Melalui kegiatan ini Prodi Agroteknologi Universitas Labuhan Batu telah bergabung menjadi anggota Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia, Sebagai informasi untuk dimasa mendatang terbentuk Lembaga Akreditasi Mandiri yang akan melakukan assesmen terhadap akreditasi prodi dan institusi pada perguruan tinggi pertanian di seluruh Indonesia.

(Novilda E. Mustamu, S.Pt, M.Si/Dosen Prodi Agroteknologi Universitas Labuhan Batu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *