ULB Laksanakan Bimtek Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)

Dalam rangka implementasi Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 41 Tahun 2021 tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau, Kepdirjendikbudristek Nomor 91/E/KPT/2024 tentang petunjuk teknis Rekognisi Pembelajaran Lampau dan Pengumuman Perguruan Tinggi Penerima Bantuan Pemerintah Penyelenggaraan RPL Tipe A Tahun 2024 Nomor 3853/E2/DT.00.05/2024. Universitas Labuhanbatu telah melaksanakan Bimbingan Teknis Penyempurnaan Dokumen, Instrumen Penilaian dan Penginputan Data ke SIERRA pada Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Tipe A yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penyamaan persepsi bagi para pimpinan di Universitas Labuhanbatu sehingga dalam melaksanakan program RPL tidak lagi mengalami hambatan, apalagi dengan terbitnya juknis yang baru Kepdirjendikbudristek Nomor 91/E/KPT/2024.

Kegiatan BIMTEK ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dimulai dari hari selasa s.d kamis tanggal 17 s.d 19 September 2024 di Hotel Paltinum Rantauprapat. dengan Narasumber dari Tim Pokja Dir. BELMAWADIKTI Bpk. Awang Dharmawan, S.Ikom.,M.A. dan Bpk Liver Imam Zai, S.Si.,M.Si dari Universitas Sari Mutiara Medan. Kegiatan dilaksanakan dengan jumlah peserta 60 orang dan dihadiri langsung oleh Bpk Rektor Assoc. Prof. Ade Parlaungan Nasution, SE.,M.Si.,P.hD dan Bpk Ketua Yayasanan ULB Bpk. Halomoan, S.H.,M.H.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara Rektor Universitas Labuhanbatu Bpk. Assoc. Prof. Ade Parlaungan Nasution, SE.,M.Si.,P.hD mengatakan bahwa RPL ini dilaksanakan untuk meningkatkan angka partisipasi pendidikan yang dinilai masih rendah pada tingkat Asia sehingga Pemerintah itu berupaya bagaimana caranya mendorong profesional sebagai orang-orang yang telah mempunyai pengalaman dalam pekerjaan sehingga bisa di rekognisi dalam capaian pembelajaran mata kuliah.

selanjutnya sambutan Ketua Yayasan Bpk. Halomoan Nasution, SH.,MH mengatakan Harapan baru untuk ULB sehingga acara ini wajib diikuti dan dilaksanakan dan apa-apa yang disampaikan Narasumber dapat dipahami, sekali lagi Bpk Ketua Yayasan mengucapkan selamat melaksanakan BIMTEK semoga berjalan dengan baik dan lancar.
Begitu juga Bpk Awang Dharmawan selaku Narasumber juga mengatakan selamat menyelenggarakan RPL pada Universitas Labuhanbatu semoga ini banyak membangun Sumberdaya Manusia di Labuhanbatu dan sekitarnya tetap jaga kualitas dan selalu berkrotibusi untuk bangsa indonesi.
Pada sesi akhir acara pada hari ke tiga Panitia dalam hal ini diwakili oleh Ketua Pelaksana yaitu Bpk. Yudi Triyanto, SP.,M.Si mengucapkan ribuan terimakasih kepada bapak Rektor dan Bpk. Ketua Yayasan ULB yang selalu mendukung pelaksanaan acara BIMTEK ini begitu juga para Narasumber yang jauh-jauh sengaja diundang dapat hadir dan para peserta yang pada hari pertama s.d hari ketiga dapat hadir semuanya.. dan ucapan terimakasih terakhir khusus buat Dir. BELMAWADIKTI yang telah memberi dukungan penuh melalui program Hibah Bantuan Pemerintah (Banpem) RPL-ULB pada tahun 2024 ini. (Yudi)