Kelompok Studi Pasar Modal Galeri Investasi ULB Melaksanakan Kegiatan Sekolah Pasar Modal (SPM)

Labuhanbatu, Februari, 21-2020

Tepatnya pada tanggal 21 Februari 2020, Pada pukul, 09:30-16:00 wib, Kelompok Studi Pasar Modal Galeri Investasi Universitas Labuhanbatu mengadakan kegiatan Sekolah Pasar Modal. Adapun para peserta yang menghadiri acara tersebut terdiri dari Dosen, mahasiswa/i dari Fakuktas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Sains dan Teknologi. Acara tersebut  dibuka oleh Dekan FEB Bapak Pristiyono,SE.,M.Si dalam sambutannya beliau mengharapakn Galeri Investasi menjadi wadah keilmuan dalam bidang investasi pasar modal bagi seluruh Mahasiswa Universitas Labuhanbatu,bukan hanya mahasiswa Ekonomi saja. Seluruh mahasiswa dari semua fakultas dapat bergabung di galeri Investasi Labuhanbatu.

Adapun yang menjadi pemateri pada kegiatan  tersebut adalah Ibu Risca Bernadetta perwakilan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan), Bapak Muhammad Phintor Nasution selaku pimpinan Bursa Efek Indonesia Cabang Medan dan Bapak Muhammad Arif dari Kresna Sekuritas Cabang Medan, para peserta di bekali materi mengenai pasar modal dan juga praktek bagaimana mekanisme transaksi di pasar modal. Dalam kesempatan yang sama para peserta juga ada yang langsung mendaftar untuk membuka rekening saham.

Selanjutnya penyampaian oleh Ibu Risca beliau menjelaskan bahwa Sekolah Pasar Modal (SPM) adalah program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan secara berkala oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Jenis Sekolah Pasar Modal yang diselenggarakan adalah Sekolah Pasar Modal Reguler (SPM Rutin dan SPM Syariah), Sekolah Pasar Modal Online dan Sekolah Pasar Modal Institusi dan Komunitas. Dalam menyelenggarakan SPM Reguler dan SPM Online, BEI bekerja sama dengan The Indonesia Capital Market Institute (TICMI). Seluruh masyarakat umum dapat menjadi peserta SPM apabila telah melakukan pendaftaran sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, selanjutnya ibu Risca menjelaskan tentang :

Sekolah Pasar Modal Online

SPM Online merupakan alternatif bagi Anda yang terkendala waktu dan tempat. SPM Online dapat diikuti kapan pun dan di mana pun tanpa harus mengikuti kelas tatap muka. Anda juga dibebaskan untuk memilih perusahaan sekuritas sesuai preferensi masing-masing.

  1. Materi digital yang bisa diakses kapan pun tanpa batas waktu
  2. Pembukaan rekening efek dengan modal awal Rp100.000,-
  3. Sertifikat digital setelah melakukan transaksi jual/beli saham
  4. Forum diskusi digital

Syarat dan Ketentuan Pendaftaran

  1. Peserta yang ingin mengikuti SPM Online harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
    • Berusia minimal 17 tahun
    • Memiliki Kartu Tanda Penduduk
    • Memiliki NPWP (Bagi yang belum memiliki NPWP dapat mengirimkan foto copy NPWP orang tua/ suami dan foto copy kartu keluarga)
    • Memiliki rekening tabungan pribadi
    • Memiliki komputer, laptop, tablet, atau smartphone serta akses Internet memadai untuk memutar materi pembelajaran dalam format video.
  2. Melakukan pendaftaran secara online
  3. Mempelajari materi/video pembelajaran awal (teaser) SPM Online
  4. Jika tertarik, peserta melanjutkan pendaftaran dengan memilih perusahaan sekuritas, mengisi formulir yang dibutuhkan untuk pembukaan rekening saham baik pada perusahaan sekuritas maupun Bank Rekening Dana Nasabah (RDN)
  5. Menyetorkan dana investasi awal senilai Rp100.000,- kepada perusahaan sekuritas yang dipilih
  6. Mengirimkan hardcopy dari beberapa formulir yg sudah dilengkapi beserta bukti transfer kepada perusahaan sekuritas yang dipilih
  7. Peserta dapat mulai mempelajari materi pembelajaran SPM Online keseluruhan
  8. Setelah Rekening Dana Nasabah tersedia, peserta sudah resmi menjadi investor dan dapat melakukan transaksi

Mudah-mudahan kegiatan Sekolah Pasar Modal yang diselenggarakan ini dapat bermamfaat bagi para peserta yang mengikuti sekolah Pasar Modal, dan harapannya para peserta adalah bagian dari nasabah dan resmi menjadi investor’ Ak.

 

Visits: 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *