Workshop Mutu Pelayanan Pengembangan Pendidikan Berkelanjutan Berdasarkan ISO 9001:2015

Labuhanbatu, Januari 27-2020

Untuk meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di Lingkungan kampus Universitas Labuhanbatu melalui Wakil Rektor II Bapak Dr. Sumitro, SE. M.Si melaksanakan kegiatan Workshop terhadap LPPM, LPMI, PUSKOM-UPT PERPUSTAKAAN yang dilaksanakan pada hari Senin, 27 Januari 2020 bertempat Ruang rapat Universitas Labuhanbatu.

Adapun yang menjadi nara sumber pada acara workshop tersebut yaitu Bapak Khairul, S.Pd. M.Si dan Bapak Rusdi Machrizal, S.Pi.,M.Si, acara workshop tersebut di buka langsung oleh Bapak Dr. Sumitro, SE. M.Si dalam sambutannya diharapkan nantinya kepada masing masing lembaga, Fakultas dan juga Perpustakaan nantinya agar dapat menerapkan pelayanan yang baik bagi Mahasiswa/i maupun juga terhadap jajaran Civitas Akademika di lingkungan kampus Universitas Labuhanbatu.

Dalam pemaparan oleh Bapak Khairul Mutu Pelayanan Pengembangan Pendidkan Berekelanjutan berdasarkan ISO, ada 8 (Delapan) Prinsif Manajemen Mutu diantaranya :

  1. Fokus Kepada Pelanggan
  2. Kepemimpinan
  3. Pelibatan seluruh pegawai
  4. Pendekatan Proses
  5. Pendekatan sistem
  6. Peningkatan terus menerus
  7. Pendekatan Fakta dalam pengambilan keputusan
  8. Hubungan yang saling menguntungkan

Dari delapan Prinsip Manajemen mutu ini merupakan Dasar bagi standar dalam Kelompok ISO 9000, selanjutnya pada sesi kedua dari acara Workshop tersebut di sampaikan oleh Bapak Rusdi Machrizal mempresentasikan tentang Quality Managemen Principile dan juga cirri khas ISO 9001 : 2015 yaitu :

  1. Process Approach (Pendekatan Proses)
  2. PDCA (Plan, Do, Check, Art)
  3. Risk-based thingking ( Resiko)

Selanjutnya yang menjadi tantangan masa depan dalam penerapannya disampaikan yaitu Degradasi moral, Kebijakan pemerintah, Perkembangan IPTEK, Kebutuhan dunia kerja, Pendidikan dan Penelitian Berbasis luaran, ungkapnya

Melalui workshop ini diharapkan nantinya, peranan dari LPMI selaku Lembaga Penjamin Mutu Internal (LPMI) dapat membuat suatu manajemen mutu terhadap pelayanan pendidikan, khususnya di lingkungan Kampus Universitas Labuhanbatu.’Ak.