Mahasiswa ULB Melaksanakan Sosialisasi Pencegahan Covid 19 Di Desa T.Linggahara

Labuhanbatu, Oktober, 9-2021

Dalam upaya mendukung program pemerintah dalam menekan penyebaran virus Covid 19 khususnya pada masa sekolah tatap muka dimulai, mahasiswa/i Universitas Labuhanbatu (ULB) yang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tebing Linggahara Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhabatu melaksanakan kegiatan “Sosialisasi Mengenal dan Mencegah Penyebaran Virus Covid 19 Pada Peserta Didik SD”. Target sosialisasi ini adalah adik-adik peserta didik di 3 sekolah dasar yang ada di desa Tebing Linggahara, yaitu SDN 9 Bilah Barat, SDN Parlaisan, dan SDN 15 Siluman A. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara marathon selama seminggu mulai tanggal 20 September 2021 sampai 25 September 2021.

 

Kegiatan sosialisasi ini disambut gembira oleh kepala-kepala sekolah. Dalam sambutannya Ibu Safiamar, S.Pd. selaku kepala sekolah SDN 9 Bilah Barat mengatakan bahwa kegiatan ini selain menambah pengetahuan anak didik juga membantu tugas guru-guru dalam mensosialisasikan cara-cara mencuci tangan dan memakai masker sebagai salah satu cara mencegah penyebaran virus Covid 19. Dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini, para mahasiswa KKN berbagi tugas dan tanggung-jawab masing-masing seperti mempersiapkan materi sosialisasi, peralatan presentasi, alat dan bahan yang diperlukan dalam praktek cara mencuci tangan yang baik, serta bergantian bertugas sebagai pemateri dan petugas demo memcuci tangan yang baik. Keseluruhan kegiatan sosialisasi ini dikordinir oleh ketua pelaksana program sosialisasi Jihan Perdana dan Ketua KKN Novita Laila, serta dalam bimbingan Ibu Elida Simanjorang, MSP dan Bapak Budianto Bangun, M.Kom selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

 

Melalui media presentasi powerpoint, mahasiswa/i KKN mengenalkan apa itu virus Covid-19, cara penyebaran dan beberapa gejala yang umum terlihat apabila terpapar virus Covid-19. Selain itu, mahasiswa/i KKN juga menjelaskan mengenai apa saja dampak akibat dari Covid-19 dan mengajarkan bagaimana cara mencegah penyebaran Covid-19, yaitu dengan mempraktekkan cara memakai masker yang baik sebagai pelindung diri. Melalui nyanyian, mahasiswa/i KKN mempraktekkan cara mencuci tangan yang baik dan benar dan ajakan untuk selalu menjaga kesehatan serta kebersihan tubuh dan lingkungan. Di akhir kegiatan sosialisasi, mahasiswa/i KKN membagikan masker khusus anak kepada seluruh adik-adik peserta sosialisasi. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini siswa/siswi di sekolah dasar tersebut dapat tetap waspada dan mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan instruksi pemerintah.“Ak/ES.

 

Visits: 155

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *