Universitas Labuhanbatu Gelar Festival Budaya Melayu Tingkat SLTA Tahun 2022

Labuhanbatu, Maret,18-2022

Festival tari dan lagu melayu bertujuan untuk meningkatkan apresiasi dan berkembangnya seni dan budaya di kalangan masyarakat dan juga kepada para siswa/i dan meningkatkan kesadaran serta kepedulian akan pentingnya peran seni budaya dalam membangun identitas karakter Bangsa.

Bertempat kampus V (Lima) Universitas Labuhanbatu Tanjung Saran Elang diselenggarakannya festival tari dan vokal Melayu tingkat SLTA Se- Kabupaten Labuhanbatu, acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 11 maret 2022 Pukul 09:30 -16:00 wib. Adapun kategori perlombaan yaitu Tari Serampang Dua Belas dan Vokal Solo.

Adapun nama-nama sekolah yang mengikuti perlombaan vocal solo dan tari serampang dua belas yaitu :

  1. MAS PP. Al-Wasliyah Kecamatan Bilah Hilir
  2. SMA N.I Panai Hulu
  3. MAS Al-Wasliyah Panai Hilir
  4. SMA Swasta Karya Tani
  5. SMA Negeri I Panai Hilir
  6. SMA Negeri 2 Panai Hilir
  7. SMK N I Panai Hilir
  8. SMK Al- Azzam Sei Rakyat
  9. SMA Negeri I Panai Tengah
  10. SMK Swasta Dewi Sartika
  11. SMK Negeri 2 Bilah Hilir
  12. SMA Negeri 2 Bilah Hilir
  13. SMK Negeri I Panai Hulu
  14. SMK Swasta Mandiri Panai Hulu
  15. SMK Swasta Dewi Sartika Bilah Hilir
  16. SMK Islam Terpadu Nurul Iman Sidomulyo Bilah Hilir

Festival Budaya Melayu tersebut dihadiri oleh Badan Pelaksana Harian (BPH) Yayasan Universitas Labuhanbatu Bapak Halomoan Nasution, Rektor Universitas Labuhanbatu Bapak Ade Parlaungan Nasution, SE., M.Si., Ph.D yang diwakili oleh Wakil Rektor III Dr. Amin Harahap, Koordinator Kampus V ULB H. Mursium, M.Pd, Kabiro Keuangan Bapak Muhammad Ali Al-Ihsan Nasution, M.Si, Kabid. Kemahasiswaan Akhiruddin Ritonga, SH dan dihadiri oleh Bapak/Ibu Dosen Universitas Labuhanbatu, Bapak/Ibu Guru pendamping Siswa/i, sebagai Koordinator acara yaitu Bapak Zufri Nasution, SE.,MM, Ketua panitia pelaksana yaitu Ridwan Nasution. SE dan Juri untuk perlombaan Vokal Soloh yaitu Fazrul Maisa Nasution, Fauzan Pazli Nasution, Adi Budiman Situmorang dan untuk juri tari Serampang dua belas yaitu Ari Akbar Husaini Nasution, Ervi Nabila, Laila Sari.

Ridwan Nasution selaku ketua panitia melaporkan bahwa jumlah sekolah yang mendaftar dalam festival Budaya melayu berjumlah 16 sekolah, untuk kategori vocal di ikuti oleh 16 sekolah sedangkan untuk tari serampang dua belas di ikuti oleh 10 sekolah, Ridwan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak BPH dan Rektor yang telah mendukung kegiatan ini, dengan harapan kegiatan Festival budaya Melayu ini dapat menjadi agenda tahunan untuk dilaksanakan di kampus Universitas Labuhanbatu. harapannya

Festival budaya melayu tersebut dibuka oleh Koordinator Kampus V (lima) ULB Tanjung Sarang Elang H. Mursium, M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada peserta lomba serta ucapan terima kasih kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah yang sudah mendaftarkan peserta didiknya untuk mengikuti Festival yang diselenggarakan oleh Kampus Universitas Labuhanbatu, melalui kegiatan festival Budaya melayu ini bertujuan untuk menumbuhkan dan melestarikan seni dan budaya di kalangan masyarakat dan juga para siswa/i, di akhir sambutannya H. Mursium menyampaikan kepada dewan juri nantinya agar bersikap netral tampa ada intervensi dari pihak manapun, ungkapnya

Sembari dewan juri mengumpulkan nilai, sambutan dari BPH Yayasan ULB Bapak Halomoan Nasution menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah dan juga Guru pendanping yang telah mendaftarkan siswa/i nya untuk mengikuti festival Budaya melayu, saya mendukung dan juga senang melihat penampilan para siswa/i baik dari penampilan vocal dan tari serampang dua belas dan juga saya apresiasi kepada panitia yang sudah menyelenggarakan festifal ini dengan baik dan sukses, saya pastikan untuk tahun berikutnya akan kita gelar kembali Festival Budaya Melayu ini sesuai harapan ketua panitia tetapi pelaksanaannya nanti bisa kita laksanakan di kampus cabang ULB lainnya, diakhir sambutannya BPH menyampaikan ucapan selamat kepada peserta yang meraih juara dan peserta yang kalah jangan kecil hati, dan diakhir sambutannya Bapak BPH menutup secara resmi Festifal Budaya Melayu Tahun 2022.

Adapun hasil penilaian dari Dewan juri yang meraih juara yaitu:

Kategori Vokal Solo Lagu melayu :

Juara 1 asal sekolah SMA Negeri 1 Panai Hulu atas nama Wila Sania Siregar

Juara 2 asal sekolah SMA Swasta Karya Tani atas nama Julia Putri

Juara 3 asal Sekolah SMA N 1 Panai Tengah atas nama Khairun Wirda

Kategori tari serampang dua belas :

Juara 1 asal sekolah SMA Negeri 1 Panai Hulu atas nama Aji Sempurna dan Noviya Prastiwi

Juara 2 asal sekolah SMA Negeri  1 Panai Tengah atas nama Aryan dan Desi Haryanti Ritonga

Juara 3 asal sekolah SMA Negeri 1 Panai Hilir atas nama Dhea Syafrilianidan Rahmansyah

setelah usai pengumuman oleh dewan juri dilaksanakan penyerahan piala, dana pembinaan dan juga sertifikat kepada para juara dan dilaksanakan acara berfoto bersama. Ak.

 

 

 

Visits: 1097

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *